Merawat Talang Supaya Tidak Tersumbat

Merawat Talang Supaya Tidak Tersumbat
Talang yang biasanya dipasang di pinggiran atap berfungsi menampung dan mengalirkan air hujan yang jatuh ke atap rumah. Kendati fungsinya terlihat sederhana, keberadaan talang air efektif untuk mencegah terpaan hujan yang dapat mengakibatkan pelapukan pada pintu, jendela, dan juga dinding.

Permasalahan yang acap terjadi pada talang adalah penumpukan daun-daun, debu, dan kotoran lain yang terbawa angin sehingga dapat menimbulkan penyumbatan. Ujung-ujungnya, air hujan akan menggenang sehingga dapat menyebabkan korosi pada talang logam, lapuk pada talang kayu, atau bahkan jebolnya talang.
Untuk menghindari kerusakan-kerusakan di atas, talang perlu dirawat secara teratur. Dikutip dari Rumah.com, cara yang umum dilakukan untuk membersihkan dan merawat talang adalah sebagai berikut:

Membuang Kotoran yang Menumpuk


Buanglah kotoran-kotoran yang terkumpul di talang, seperti dedaunan. Anda dapat menggunakan sekop plastik kecil untuk mempermudah pekerjaan ini.
Jika hendak menyekop, mulailah dari lubang saluran yang mengalirkan air ke bawah, kemudian bergerak menjauh dari titik ini. Agar tidak perlu bekerja dua kali membersihkan kotoran yang berjatuhan di teras atau halaman, gunakan ember plastik untuk menampung dan membawanya turun. 

Menyemprot Talang dengan Selang


Setelah semua kotoran dibersihkan, semprotkan air pada talang dengan menggunakan selang. Alirkan air di sepanjang saluran, hingga ke pipa yang mengarah ke bawah. Akan lebih baik jika selang yang digunakan dilengkapi dengan pengatur tekanan yang dapat dinyalakan dan dimatikan. Apabila perlu, boleh juga menggosok talang dengan sikat sembari menyemprotkan air. 

Keluarkan Penyumbat Dari Dalam Pipa


Jika air tidak mengalir dengan lancar di dalam saluran pipa yang mengarah ke bawah, itu berarti ada kotoran yang menyumbatnya. Cobalah menyemprotkan air dengan tekanan yang cukup besar untuk mendorong keluar penyumbat tersebut.
Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin Anda perlu menggunakan alat bantu untuk menarik atau mendorongnya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan penggerek yang biasa dipakai para tukang ledeng, yang kerap disebut auger atau drain snake.

Perhatikan Faktor Keselamatan


Anda dapat menyewa jasa tukang profesional untuk melakukan pekerjaan membersihkan dan merawat talang. Tapi bila Anda bermaksud melakukannya sendiri, beberapa hal perlu Anda perhatikan demi menjaga keselamatan.
1. Sebelum menaiki tangga untuk mencapai talang, pastikan tangga yang Anda gunakan berdiri dengan mantap dan tidak goyah. Pastikan pula kaki-kaki tangga berpijak pada permukaan yang padat dan tidak licin. Agar posisi Anda lebih stabil, ketika berdiri dan bersih-bersih jangan pernah memijakkan kaki pada dua anak tangga sekaligus. Jangan pula bersandar pada sisi-sisi samping tangga.
2. Apabila Anda melakukan bersih-bersih dari atap—bukan di tangga—pastikan Anda bekerja dengan memperhatikan faktor-faktor keselamatan. Cara ini sebaiknya dilakukan jika atap rumah cukup landai dan tidak terlalu curam. Jangan melakukannya ketika atap basah dan licin, atau ketika cuaca berangin kencang. Gunakan sepatu anti selip agar tidak tergelincir, dan berhati-hatilah dengan instalasi kabel listrik.
3. Gunakan selalu sarung tangan untuk melindungi kulit dari goresan.
4. Sebelum membersihkan talang, lebih baik bersihkan dulu atap rumah dari berbagai kotoran yang mungkin akan tersapu hujan dan menumpuk di saluran talang.
sumber : https://galvalumart.com/news/merawat-talang-supaya-tidak-tersumbat
wa